Perancangan Rigging Tokoh Robot yang Memiliki Mekanisme Khusus pada Film Animasi Hybrid "Machine Hearts"

Deni, Deni (2021) Perancangan Rigging Tokoh Robot yang Memiliki Mekanisme Khusus pada Film Animasi Hybrid "Machine Hearts". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (493kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (643kB)

Abstract

Penambahan tokoh 3D pada sebuah film merupakan salah satu penggunaan visual effects. Dengan adanya tokoh 3D di dalam film, perlu adanya perancangan rig untuk menggerakkan tokoh tersebut. Film animasi hybrid "Machine Hearts" membawa tokoh robot yang memiliki mekanisme khusus. Mekanisme khusus tersebut terdiri dari robot yang bergerak menggunakan roda, bagian tubuh yang dapat terbuka, bagian tubuh yang dapat terpisah dan digabungkan kembali, serta bahu yang bergerak mengikuti jalurnya. Dalam penulisan ini, metode yang akan digunakan penulis dalam merancang rig tokoh robot adalah kualitatif dengan melakukan pemahaman literatur yang membahas rigging dan sendi robot, serta referensi dari film dan teknik rigging yang dapat diterapkan pada tokoh robot. Harapan dari perancangan ini adalah mampu merancang suatu rig robot di mana perancangan menggunakan literatur mengenai sendi robot untuk mengetahui bagaimana sendi robot itu bekerja. Diperlukan juga mengenai rumus matematika yang dapat membantu dalam perancangan rig tersebut karena pembuatan rigging sangat berhubungan dengan teknis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: rigging, robot, animasi, 3D
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:27
Last Modified: 04 Sep 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16949

Actions (login required)

View Item View Item