UMN Knowledge Center

Menciptakan Character-Driven Story dengan Mengaplikasikan Teori Defense Mechanism pada Karakter Protagonis dalam Naskah Film Panjang "Asa dalam Aksara"

Virdha Putri, Cahaya (2020) Menciptakan Character-Driven Story dengan Mengaplikasikan Teori Defense Mechanism pada Karakter Protagonis dalam Naskah Film Panjang "Asa dalam Aksara". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Defense Mechanism adalah salah satu teori yang mendukung proses penulisan character-driven story. Defense Mechanism bersinggungan dengan ilmu psikologi, di mana Defense Mechanism adalah sebuah bentuk adaptasi tiap individu ketika dihadapkan dengan rasa sedih, bersalah, takut, dan kondisi lainnya yang kurang baik. Penulis sangat menyukai dunia penulisan naskah terutama di bagian perancangan karakter dan juga memiliki rasa tertarik pada ilmu psikologi, maka hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk memilih teori Defense Mechanism sebagai topik dalam skripsi penciptaan ini. Penulis melakukan penelitian dan penulisan skripsi dengan menggunakan Metode Teori Dasar. Penulis mengumpulkan teori dari beberapa buku tentang karakter seperti buku "Art of Character" oleh David Corbett. Penulis juga kemudian melakukan studi pustaka menggunakan beberapa buku tentang psikologi seperti "Adaptation to Life" oleh George Vaillant. Dalam skripsi ini, penulis berhasil mengunakan teori Defense Mechanism untuk mendukung penulisan character-driven story, karena Defense Mechanism sangat mempengaruhi karakter dalam mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Cerita Berbasis Karakter, Naskah, Defense Mechanism, Adaptasi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Film dan Televisi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:15
Last Modified: 24 Aug 2021 17:15
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item