Perancangan Gerak Robot Bipedal dalam Animasi 3D "Tilako"

Wijaya Kusuma Lukman, Andreas (2020) Perancangan Gerak Robot Bipedal dalam Animasi 3D "Tilako". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (627kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (844kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (452kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Robot merupakan sebuah alat yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Robot bipedal merupakan robot yang menggunakan dua kaki untuk berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pergerakan robot bipedal dalam animasi 3D "Tilako". Tilako merupakan sebuah permainan egrang yang berasal dari Sulawesi Tengah. Bentuk dari robot menggunakan bentuk yang menyerupai kaki manusia serta pinggul tanpa ada bagian lengan dan kepala serta badan. Terdapat dua tokoh yang berbentuk robot bipedal. Jenis penelitian yang digunakan adalah kulaitatif dengan melakukan observasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa teori dan acuan pada adegan melompat sesuai dengan acuan dan teori yang digunakan. Saat menendang kaki lainnya menjadi penyeimbang dari tubuh agar tubuh robot tetap berdiri. Pada adegan lari hasil dari penelitian menyerupai body acting yang dilakukan dan sesuai dengan teori tentang berlari. Perlu diingat robot bipedal memiliki dua kaki untuk tetap menjaga keseimbangan. Agar kaki tetap seimbang ketika diangkat tubuh harus dimiringkan dan satu kaki lagi menjadi tumpuan seluruh tubuh agar tetap seimbang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: 3D animasi, robot bipedal, Body Mechanic
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:35
Last Modified: 20 Oct 2023 00:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17163

Actions (login required)

View Item View Item