UMN Knowledge Center

Perancangan Media Permainan Digital 2D untuk Pelajar SMU sebagai Edukasi Sejarah tentang Tiga Kerajaan Terbesar di Indonesia

Alden, Edward (2021) Perancangan Media Permainan Digital 2D untuk Pelajar SMU sebagai Edukasi Sejarah tentang Tiga Kerajaan Terbesar di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejarah adalah kajian yang penting bagi pelajar dimana-mana karena dapat mengajari kita mengenai kesalahan yang dilakukan oleh manusia di masa lalu dan bagaimana cara untuk tidak mengulanginya. Akan tetapi, berdasarkan data kuesioner, lebih dari setengah responden menyatakan bahwa metode pembelajaran yang monoton membuat pelajaran sejarah kurang diminati untuk dipelajari. Bila metode pembelajaran ini tidak diubah, maka siswa tidak dapat mempelajari sejarah dengan baik dan tidak dapat mempelajari nilai yang dapat dianut dari sejarah. Oleh karena itu melalui Tugas Akhir ini, penulis hendak merancang media edukasi berupa permainan digital 2D tentang sejarah tiga kerajaan Indonesia, terutama mengenai Kerajaan Nusantara terbesar, yang merupakan era dimana Indonesia mulai berkembang, sebagai edukasi untuk anak SMU. Perancangan awal dimulai dengan melakukan penelitian dengan mixed methods. Metode pertama adalah kuantitatif yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada pelajar dan metode kedua adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dan studi literatur. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah media interaktif berupa 2D Game yang bergenre platformer dengan cerita yang mendalami kerajaan Indonesia dan kejadian yang terjadi pada masa itu. Melalui perancangan media interaktif ini, diharapkan pelajar dapat mengenal lebih lanjut mengenai sejarah kerajaan Indonesia, terutama mengenai tokoh dan budaya kerajaan tersebut, dan mengambil nilai moral pentingnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: 2D Game, sejarah, metode belajar
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:39
Last Modified: 24 Aug 2021 13:39
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item