Analisis Deskriptif Penggunaan Transmedia Storytelling dalam Bangtan Universe

Tabita Anastasya Ivanka, Ashima (2021) Analisis Deskriptif Penggunaan Transmedia Storytelling dalam Bangtan Universe. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (91kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (32MB)

Abstract

BTS (Bangtan Sonyeondan) adalah grup K-Pop yang telah mendunia. Terbentuk sejak tahun 2013, BTS tidak pernah berhenti berinovasi. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menciptakan sebuah fictional world bernama Bangtan Universe. "Dunia" ini dibalut sedemikian rupa hingga fans mengalami sebuah pengalaman timbal-balik ketika mendalami dunia tersebut, menyebabkan mereka untuk menginvestasikan waktu yang lebih serta membangun keterikatan yang tinggi dengan idola mereka. Konsep yang telah diuraikan ini berjalan seiringan dengan konsep yang digunakan dalam ilmu Transmedia Storytelling, sebuah ilmu penyampaian pesan melalui berbagai platform yang menitikberatkan adanya partisipasi dari audiens. Melalui analisis yang dilakukan, penulis berharap bahwa industri entertainment K-Pop serta Transmedia Storytelling dapat dilihat sebagai suatu bidang yang patut dipelajari, karena keduanya merupakan sebuah bidang yang akan terus berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Transmedia Storyelling, BTS, branding, loyalitas, fandom
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:40
Last Modified: 13 Oct 2023 00:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17402

Actions (login required)

View Item View Item