Perancangan Kampanye Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman Perempuan mengenai Menstrual Cup

Ayuningtyas, Niken Larasati (2021) Perancangan Kampanye Sosial untuk Meningkatkan Pemahaman Perempuan mengenai Menstrual Cup. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (755kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (589kB)

Abstract

Di Indonesia, produk menstruasi yang paling banyak digunakan adalah pembalut sekali pakai dengan jumlah pengguna sebanyak 98%. Padahal, penggunaan pembalut sekali pakai dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Sedangkan, saat ini sudah ada produk alternatif pengganti pembalut sekali pakai yang lebih aman bagi kesehatan, ramah lingkungan, dan lebih ekonomis. Produk tersebut adalah menstrual cup. Tingkat pengetahuan perempuan di Indonesia mengenai menstrual cup mencapai 67% tetapi sebanyak 68% memiliki persepsi takut untuk beralih ke menstrual cup dikarenakan berbagai alasan. Oleh sebab itu, penulis melakukan perancangan kampanye sosial untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai menstrual cup dengan cara mengubah persepsi negatif masyarakat melalui teknik persuasi. Target dari perancangan ini ditujukan bagi kelompok perempuan yang memiliki rasa takut dan ragu untuk mencoba menstrual cup. Strategi media yang digunakan adalah AISAS dan metode penelitian yang dilakukan adalah wawancara, kuesioner, FGD, dan studi pustaka. Media kampanye yang digunakan adalah media online dan media offline dengan Instagram sebagai media utamanya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye sosial, Menstrual cup, Persuasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:11
Last Modified: 29 Aug 2023 00:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item