Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Framework COBIT 2019 (Studi Kasus: Badan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi DKI Jakarta)

Herliani, Meidina (2021) Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Framework COBIT 2019 (Studi Kasus: Badan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi DKI Jakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) merupakan Lembaga Pemerintahan yang bergerak pada bidang pengelolaan barang milik daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur level kapabilitas tata kelola TI pada BPAD. Domain acuan yang digunakan berdasarkan permasalahan yang terjadi di salah satu Sub Bidang dalam perusahaan, yaitu Sub Bidang data dan Informasi. Permasalahannya adalah masih kurangnya keseriusan level pimpinan dan penggunaan sistem dengan internl maupun eksternal. Pengelolaan risiko pada BPAD pun masih perlu diperhatikan lebih lanjut. Perbaikan masalah tersebut dapat membuat tujuan bisnis perusahaan dapat lebih tepat sasaran. Hasil analisis membuktikan perlu dilakukan pengukuran sudah sejauh mana pengelolaan hubungan antara internal dan eksternal perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut terpilih metode dan domain acuan yang akan dilaksanalan dalam penelitian ini. Acuan pengerjaan penelitian ini dikerjakan berdasarkan framework COBIT 2019, dengan domain EDM 05 Ensure Stakeholder Engagment, APO 08 Manage Relationship, dan APO 12 Manage Risk dari hasil analisis permasalahan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi pada perusahaan, kemudian dari hasil wawancara tersebut dapat menemukan hasil level kapabilitas dan temuan yang terjadi di perusahaan. Hasil level kapabilitas dari hasil wawancara adalah EDM 05 level 4, di mana mencapai target perusahaan, sedangkan untuk APO 08 dan APO 12 berhenti di level 2, sehingga perusahaan perlu melakukan perbaikan dari hasil rekomendasi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: BPAD, COBIT 2019, Level Kapabilitas, Tata kelola TI
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 24 Aug 2021 08:57
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item