UMN Knowledge Center

Pemutusan Hubungan Kerja pada Jurnalis di Era Pandemi COVID-19

Agatha, Diviya (2021) Pemutusan Hubungan Kerja pada Jurnalis di Era Pandemi COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sejak awal tahun 2020, seluruh dunia diresahkan dengan munculnya sebuah virus baru yakni Coronavirus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan sebutan COVID-19. Munculnya virus ini membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap kehidupan masyarakat, terutama dalam hal ekonomi. Himbauan untuk menjaga jarak dan berada di rumah membuat segala aktivitas di luar rumah terhenti sesaat. Perekonomian ikut terhambat seiring dengan ditutupnya berbagai tempat umum, perkantoran, sekolah, dan berbagai tempat di mana aktivitas ekonomi terjadi. Akibatnya, beberapa perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawannya. Salah satu perusahaan yang ikut serta melakukan PHK terhadap karyawannya adalah perusahaan media. Beberapa media di Indonesia melakukan PHK secara sepihak terhadap sejumlah jurnalis untuk mengurangi biaya operasional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemutusan hubungan kerja yang terjadi pada jurnalis di era COVID-19. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tahu bagaimana peranan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dalam menyoroti permasalahan ini. Penulis melakukan penelitian ini pada tiga orang jurnalis yang terkena dampak dari pandemi COVID-19 berupa PHK oleh masing-masing media tempatnya bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak perusahaan media di Indonesia yang melakukan PHK pada sejumlah jurnalis di era COVID-19. Namun, hanya sedikit jurnalis yang mau melakukan pengaduan dan memproses PHK secara sepihak tersebut ke jalur hukum. Padahal, terdapat upaya-upaya yang bisa dilakukan para jurnalis apabila terkena kasus ketenagakerjaan seperti PHK. Hasil penelitian juga menunjukkan, jurnalis dalam penelitian ini memutuskan untuk beralih profesi setelah terkena PHK.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: jurnalis, media, Jakarta, pandemi, COVID-19, pemutusan hubungan kerja, pekerja, buruh, ketenagakerjaan
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 11:20
Last Modified: 24 Aug 2021 11:20
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item View Item