Kepuasan Generasi Milenial dalam Mengakses Berita Berbayar di KOMPAS.ID dan KORAN.TEMPO.CO

Priskila Sumardi, Gabrielle (2021) Kepuasan Generasi Milenial dalam Mengakses Berita Berbayar di KOMPAS.ID dan KORAN.TEMPO.CO. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (259kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB)

Abstract

Setiap media online memiliki model bisnisnya masing-masing. Ada yang menerapkan sistem berlangganan atau berbayar, dan ada juga yang menerapkan sistem bebas biaya dengan mengandalkan pendapatan dari iklan. Di samping itu, pembaca berita tentunya mengharapkan kualitas informasi yang baik, yang dapat memenuhi kebutuhannya akan suatu informasi. Kebutuhan masyarakat terhadap berita yang berkualitas masih ada, tetapi tidak banyak media yang memberikan kualitas itu secara cuma-cuma atau gratis. Ketika mayoritas media online di Indonesia masih belum menerapkan sistem berbayar, terdapat pembaca yang bersedia berlangganan atau membayar untuk mendapatkan suatu berita atau informasi. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pembaca media online dalam menggunakan media online berbayar sebagai pemenuhan kebutuhan informasinya. Peneliti menggunakan indikator motif khalayak dalam menggunakan media yang dikemukakan oleh Dennis McQuail sebagai panduan dalam membuat pertanyaan dan menganalisis data, antara lain motif informasi, motif identitas pribadi, motif integritas dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik penggalian data berupa wawancara. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa informan memiliki kepuasan informasi, kepuasan identitas pribadi, kepuasan integritas dan interaksi sosial, serta kepuasan hiburan berdasarkan alasan dan perspektifnya masing-masing ketika mengakses Kompas.id dan Koran.tempo.co.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kepuasan, generasi milenial, berita, Kompas.id, Koran.tempo.co
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:08
Last Modified: 19 Jun 2023 05:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18050

Actions (login required)

View Item View Item