UMN Knowledge Center

Perbedaan Tingkat Pemahaman Konsumen Muda Media Antara Konten Newsgame COVID-19 dan Berita Teks

Septiani, Lenny (2021) Perbedaan Tingkat Pemahaman Konsumen Muda Media Antara Konten Newsgame COVID-19 dan Berita Teks. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
CC-BY-NC-SA 4.0.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Inovasi pengembangan teknologi baru dalam bentuk newsgame masih sangat baru dalam penyajian berita di Indonesia. Newsgame adalah permainan komputer yang digunakan untuk berpartisipasi dalam ruang publik dengan tujuan menjelaskan atau mengomentari berita terkini (Sicart, 2008, p. 28). Berdasarkan hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA), Indonesia berada pada peringkat ke 62 dari 70 negara, hasil menilaian PISA terkait literasi membaca siswa di Indonesia sebesar 70% berada di bawah level kompetensi minimum membaca. Penelitian ini akan melihat apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsumen muda antara konten newsgame COVID-19 dan berita teks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan melakukan perbandingan antara konten newsgames dengan konten artikel teks terhadap dua kelompok konsumen muda media. Penelitian inovasi newsgames ini menggunakan teori new media dengan konsep newsgames, interaktif, news comprehension, dan jurnalistik online. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap materi dan penerapan pembelajaran jurnalistik di tingkat universitas. Selain itu penelitian ini diharapkan mampu menjadi tinjauan evaluatif bagi media dalam mengembangkan inovasi media baru terutama pada konten newsgame. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan selisih nilai rata-rata antara newsgame dan berita teks sebesar 0,004. Pada hasil T-test independent juga tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: newsgames, new media, interaktif, news comprehenson, dan jurnalistik online.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:40
Last Modified: 22 Oct 2021 06:40
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18174

Actions (login required)

View Item View Item