Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Klasifikasi Konten Twitter dengan Indikasi Depresi

Budiman, Andre and Young, Julio Cristian and Suryadibrata, Alethea (2021) Implementasi Algoritma Naïve Bayes untuk Klasifikasi Konten Twitter dengan Indikasi Depresi. JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT, 6 (2).

Full text not available from this repository.

Abstract

Depresi merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sangat berdampak bagi para penderitanya. Terdapat begitu banyak faktor depresi, di antaranya pengalaman hidup, pekerjaan, ataupun kehidupan sosial. Pada tahun 2018, diperkirakan 6.1% dari 267.7 juta penduduk di Indonesia mengalami depresi. Hal ini tentunya sangat dipengaruhi oleh stigma masyarakat terkait dengan penyakit kejiwaan dan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan konsultasi kejiwaan. Melalui perkembangan teknologi, saat ini, mayarakat seringkali mengekspresikan dirinya melalui konten-konten di media sosial. Pada penelitian ini dilakukan proses pengumpulan data-data dengan kata kunci yang mengindikasikan gangguan depresi di platform Twitter. Kemudian, dengan melibatkan seorang psikiatri, dilakukan proses pelabelan terhadap dataset untuk menentukan apakah konten memiliki label “terindikasi depresi” ataupun “tidak terindikasi”. Berdasarkan dataset tersebut, dikembangkan model prediktif dengan menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes (MNB) dan Complement Naïve Bayes (CNB) sebagai metode klasifikasi dan metode Term Frequency–Inverse Document Frequency (TF–IDF) sebagai metode ekstraksi fitur. Berdasarkan eksperimentasi yang telah dilakukan gabungan metode TF–IDF dan MNB berhasil mencapai tingkat F-score sebesar 91.30% sementara gabungan metode TF–IDF dengan CNB berhasil mencapai tingkat performa sebesar 91.98%.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 361 Social Problems and Services (Inc. People with Mental Illness, Physical Disabilities)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Oct 2021 06:37
Last Modified: 06 Oct 2021 06:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/18554

Actions (login required)

View Item View Item