UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Film Dengan Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting

Sumarlin, Edbert Wibowo and Hansun, Seng and Wiratama, Yustinus Widya (2016) Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Film Dengan Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting. Jurnal Informatika, 10 (2).

Full text not available from this repository.
Official URL: https://www.neliti.com/publications/103958/rancang...

Abstract

Penelitian ini membahas aplikasi rekomendasi film dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Di dunia film sudah terdapat banyak judul film, yang menyebabkan penonton kesulitan dalam memilih film. Meskipun dengan klasifikasi genre yang telah ada sekarang ini, tetapi klasifikasi ini terbilang cukup umum karena masih belum dapat mengatasi preferensi genre dari penonton yang berbeda-beda, seperti penonton dengan preferensi film yang memiliki genre action dengan sedikit bumbu comedy, tentu akan berbeda hasilnya dengan film dengan genre comedy dengan bumbu action, sehingga dibutuhkan aplikasi rekomendasi yang dapat mengatur preferensi genre. Algoritma SAW adalah salah satu metode yang dapat digunakan dalam sistem rekomendasi. Algoritma ini berjalan dengan menentukan nilai rating kecocokan setiap alternatif terhadap setiap kriteria dan membuatnya ke dalam sebuah matriks keputusan. Setelah terbentuk matriks keputusan, tahapan berikutnya adalah menormalisasikan matriks keputusan. Hasil akhir nilai preferensi diperoleh dari jumlahan dari perkalian elemen baris matriks ternormalisasi dengan bobot preferensi yang sesuai dengan elemen kolom matriks. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, secara keseluruhan tingkat system usefulness dari aplikasi rekomendasi film sebesar 85.4%.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming (Algorithm, Programming Language, Applications, Software, Data Security)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:22
Last Modified: 19 Oct 2021 04:22
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18854

Actions (login required)

View Item View Item