UMN Knowledge Center

Identitas Dan Budaya Pada Masa Kini: Keuntungan Globalisasi Dan Ancaman Homogenisasi

Rina, Ratna Cahaya (2016) Identitas Dan Budaya Pada Masa Kini: Keuntungan Globalisasi Dan Ancaman Homogenisasi. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 9 (1). ISSN 1979-0716

Full text not available from this repository.
Official URL: https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/...

Abstract

Gonzales mengembangkan konsep Cultural Fronts, yang menjelaskan bahwa keseharian masyarakat dengan berbagai pengaruh informasi, sejarah, situasi dan simbolis membentuk makna hidup tersendiri dan budaya-budaya selalu bertempur memperebutkan kekuasaan di benak masyarakat, sehingga membentuk identitas yang tidak tunggal (2001). Gonzales mencontohkan seseorang dapat merasa memiliki identitas budaya sekaligus sebagai orang Meksiko, Latin, dan Meksiko-Amerika sebagai akibat dari persentuhannya dengan berbagai budaya (2001, hlm. 110). Persentuhan berbagai budaya ini bukan hal baru, namun telah terjadi sejak awal peradaban manusia, terbawa bersama sejarah penyebaran manusia di dunia. Perkembangan teknologi transportasi tidak dipungkiri membawa pengaruh signifikan dalam percampuran budaya, karena memungkinkan orang berpindah dari satu titik ke titik yang lebih jauh membawa budaya yang sangat berbeda. Terlebih, globalisasi dalam masa era digital seperti saat ini meniadakan batasan waktu dan lokasi, sehingga budaya-budaya di seluruh dunia memungkinkan saling silang budaya. Hal ini memunculkan dua sisi kondisi, perkembangan budaya semakin cepat dengan adanya interaksi manusia yang tidak lagi dibatasi waktu dan lokasi. Pada sisi lain, muncul ancaman homogenisasi karena identitas dan budaya saling baur dalam tempo yang cepat dan menipiskan perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana memahami identitas dan budaya pada masa globalisasi saat ini.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 172 Political ethics (Incl. international relations)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:45
Last Modified: 03 Nov 2021 02:45
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/18999

Actions (login required)

View Item View Item