UMN Knowledge Center

Posisi Karya Rupa Pada Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas Dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia

Rahardjo, Fransisca Retno Setyowati (2013) Posisi Karya Rupa Pada Pameran Ilustrasi Cerpen Kompas Dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 6 (1). ISSN 1979-0716

Full text not available from this repository.
Official URL: https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/...

Abstract

Sejak tahun 2003 surat kabar KOMPAS telah berinisiatif untuk merangsang dunia kreatif melalui karya-karya rupa yang menyertai dan tampil bersama dengan cerita pendek di setiap edisi mingguannya. Karya-karya rupa tersebut diberi label “Ilustrasi Cerpen KOMPAS” walaupun terdapat karya yang justru tidak mengilustrasikan atau memberi gambaran yang sesuai dengan cerpen yang didampinginya. Sudah ratusan perupa dari berbagai daerah diundang supaya turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Banyak dari perupa perupa tersebut adalah seniman kontemporer Indonesia, oleh karena itu tak dinyana lagi bila karya yang muncul bukannya menjangkarkan makna si cerita pendek, justru sang seniman sepertinya sengaja membenturkan konsep ide cerita tersebut menjadi karya rupa yang benar-benar berbeda intepretasinya. Namun tak hanya „membenturkan, adapula yang „memadukan,„mendialogkan,„me-intepretasikan ulang, dan semua hal itu sah-sah saja dilakukan dalam parade perayaan karya seni rupa ini. Para seniman kontemporer yang diundang oleh sebagian adalah seniman kenamaan yang cukup dikenal oleh medan seni rupa lokal bahkan dunia. Sebut saja pada karya ilustrasi cerpen Kompas tahun 2011, muncul nama-nama seperti Ade Darmawan, Bob „Sick Yudhita Agung, Eko Nugroho, Hanafi, Indra ameng, Jeihan Sukmantoro, dan masih banyak lagi. Mereka semua umumnya adalah seniman muda yang identik dengan sebutan seniman kontemporer sampai seniman senior yang berangkat dan mulai di kenal pada masa perkembangan seni rupa modern Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: 700 Arts and Recreation > 700 Arts
700 Arts and Recreation > 700 Arts > 707 Education, research, related topics of fine and decorative arts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:15
Last Modified: 03 Nov 2021 07:15
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19022

Actions (login required)

View Item View Item