UMN Knowledge Center

Permainan Jenga (Digital dan Analog) Pada Anak Usia Prasekolah

Pinasthika, Lalitya Talitha and Wahjudi, Deddy and Darmawan, Ruly (2014) Permainan Jenga (Digital dan Analog) Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Sosioteknologi, 13 (3). ISSN 2443-258X

Full text not available from this repository.
Official URL: http://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.3.4

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada perkembangan permainan anak usia prasekolah dari dua media permainan, yaitu digital dan analog dengan menggunakan metode eksperimen yang diujikan kepada tiga belas responden dengan kisaran usia 3–5 tahun di Temasek International Montessori Preschool. Objek penelitian yang digunakan adalah permainan jenga digital dengan media iPad dan jenga analog. Berlandaskan konsep utama permainan oleh Oxland, penulis menganalisis pola bermain anak dan pola interaksi dengan kedua jenis media tersebut. Sinkronisasi permainan dengan elemen pembanding yang disebutkan Oxland dibandingkan dengan permainan jenga dari dua media. Penelitian ini menilai keterampilan bermain anak pada kedua jenis permainan berdasarkan jumlah balok yang berhasil dipindahkan. Dalam penelitian ini ditemukan adanya kecenderungan anak usia prasekolah lebih menikmati permainan analog karena kemampuan memanipulasi objek secara langsung. Permainan digital dinilai dapat diperkenalkan pada anak usia di atas enam tahun karena sensitivitas sensor anak pada usia ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia anak di bawahnya. Kata kunci: jemga, anak prasekolah, permainan digital, permainan analog This study emphasizes the development of pre-school children's games in two different media: digital and analog. This study used an experimental method tested on thirteen respondents ranging from the age of 3-5 years who attended the Temasek International Montessori Pre-School. The object of the research is digital Jenga with the iPad media and analog Jenga.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods (3D Graphics, Digital Video, Data Mining, Augmented Reality)
300 Social Sciences > 370 Education > 372 Primary education (elementary education)
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:21
Last Modified: 03 Nov 2021 07:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item