UMN Knowledge Center

MENDEFINISIKAN ULANG VISUALISASI KESEGARAN DALAM IKLAN MINUMAN RINGAN: SEMIOTIKA SPRITE “KENYATAAN YANG MENYEGARKAN”

Rachim, Muhammad Maulana Isthiqlal and Yenny, Yenny and Susilo, Daniel (2018) MENDEFINISIKAN ULANG VISUALISASI KESEGARAN DALAM IKLAN MINUMAN RINGAN: SEMIOTIKA SPRITE “KENYATAAN YANG MENYEGARKAN”. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 4 (2). ISSN 2580-538X

[img]
Preview
Text
02. Mendefinisikan ulang kesegaran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mendefinisikan Ulang.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (392kB) | Preview
Official URL: https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/v...

Abstract

Iklan televisi merupakan salah satu media penyampaian informasi atau pesan dengan menggunakan berbagai bentuk komunikasi di dalamnya dan biasanya digunakan untuk mencapai beragam efek. Proses penyampaian informasi atau pesan dengan menggunakan iklan ini digunakan oleh perusahaan perusaahan yang bertujuan untuk memasarkan produknya kepada khalayak luas. Salah satu perusahaan yang menggunakan media iklan dalam menyampaikan infomasi adalah PT. Coca Cola Company, dengan tujuan untuk memasarkan produknya yaitu minuman bersoda merk Sprite. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan lambang semiotika di dalam video iklan sprite versi “kenyataan yang menyegarkan” yang tayang di televisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dan pengumpulan datanya melalui obeservasi atau disebut dengan pengamatan lebih dalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori triangle meaning milik Charles Sanders Pierce. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan sprite versi “kenyataan yang menyegarkan” didominasi oleh warna hijau dan putih yang artinya alami dan suci, lalu scene ketiga yang menampilkan miniatur buaya dan hiu yang diartikan sebagai hewan yang hidup di dalam air saja ingin meminum sprite apalagi manusia, dan yang menjadi inti didalam iklan adalah pada scene keempat yang menyita 19 detik dari 31 detik total durasi iklan. Scene keempat ini berisi tentang gelas yang sedang diisi dengan sprite dengan menggunakan tehnik pengambilan gambar zoom in, yang dapat diartikan scene ini sebagai daya tarik utama dalam iklan untuk membuat khalayak yang sedang menyaksikannya ingin meminum sprite.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Iklan, Sprite
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
400 Language > 410 Linguistics > 410 Linguistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.5 Media Marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Nov 2021 15:20
Last Modified: 05 Jan 2022 08:49
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item