UMN Knowledge Center

Hyperreality: Pemaknaan dalam Penggunaan Game Pokemon Go

Tuela, Michael and Susilo, Daniel (2017) Hyperreality: Pemaknaan dalam Penggunaan Game Pokemon Go. Jurnal Kajian Media, 1 (1). ISSN 2579-9436

Full text not available from this repository.
Official URL: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/ilkom/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hiperrealitas dalam fenomena game Pokemon Go. Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana pengaruh penggunaan teknologi augmented reality pada sebuah game Pokemon Go dan juga sudut pandang pemain game Pokemon Go yang ikut merasakan fenomena game Pokemon Go dan serta pemahaman pemain game Pokemon terhadap game Pokemon Go. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif yang merupakan metode yang digunakan untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena – fenomena yang terjadi dengan paradigma fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan metode pendekatan fenomenologi transendental Husserl yang terdiri dari objek (benda/fenomena), kesengajaan, noema, noesis, intersubjektif, intuisi, dan juga makna/esensi objek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hiperrealitas yang terdapat pada fenomena game Pokemon Go ialah dimana pemain game Pokemon Go merasa sedang berada pada dunianya sendiri dimana terdapat banyak monster – monster pokemon serta arena – arena bermain seperti pokestop dan juga gym dan para pemain dengan sesuka hati melakukan aktivitas mereka di dunia permainan mereka sendiri, dimana makna, tanda, kode sudah tidak berlaku lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pokemon Go, Hiperealitas, Makna
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods (3D Graphics, Digital Video, Data Mining, Augmented Reality)
400 Language
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Nov 2021 16:48
Last Modified: 18 Nov 2021 16:48
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item