UMN Knowledge Center

Bhinneka Tunggal Ika atau Bhineka Tunggal Ika (Sebuah Tinjauan Paradigma Klasik Ilmu Sosial dalam Keberagaman dan Persatuan di Indonesia)

Agustin, Sari Monik (2011) Bhinneka Tunggal Ika atau Bhineka Tunggal Ika (Sebuah Tinjauan Paradigma Klasik Ilmu Sosial dalam Keberagaman dan Persatuan di Indonesia). In: Konferensi Nasional Komunikasi" Membumikan Komunikasi di Indonesia". Depok: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_...

Abstract

Berbeda-beda tetapi tetap satu. Itulah arti Bhinneka Tunggal Ika yang selama ini selalu didengungkan di Indonesia. Dalam perjalanannya, Bhinneka Tunggal Ika memperlihatkan wajah yang serupa namun tak sama, tak sama namun serupa. Membingungkan. Namun bila dicermati dalam sejarahnya di beberapa periode pemerintahan dan kepemimpinan, Bhinneka Tunggal Ika muncul dengan nuansa yang menarik untuk disimak. Bahasa adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dicermati. Mengapa penting? Karena dalam Ilmu Komunikasi, bahasa sangat berhubungan dengan dasar logika terciptanya sebuah makna yang beragam. Demikian menarik pula, mencermati logika Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman maknanya. Tulisan yang disajikan ini merupakan tinjauan singkat bagaimana penampilan Bhinneka Tunggal Ika muncul dan dimaknai secara berbeda dalam melihat keberagaman dan persatuan, khususnya dalam beberapa peristiwa pada masa orde baru dan pasca orde baru. Walaupun tulisan ini masih disajikan secara umum dan popular, namun pada hakikatnya tulisan ini bertujuan menampilkan perspektif interpretif dalam usaha memahami Bhinneka Tunggal Ika dalam paradigma positivis, interpretif dan kritis. Diharapkan dengan adanya tulisan ini, sebuah pandangan baru, terutama paradigma Asli Indonesia dalam memahami Bhinneka Tunggal Ika, muncul dan berkembang sesuai dengan ke- Indonesia-an bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: bhinneka tunggal ika, keberagaman, persatuan, paradigma
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 179 Other ethical norms
300 Social Sciences > 320 Political science > 320 Political Science (Politics, Government Management, Nationalism, Political Ideologies)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:00
Last Modified: 19 Nov 2021 02:00
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item