UMN Knowledge Center

Menyoal Perubahan Paradigma dari Kosmogoni ke Kosmologi

Putranto, Hendar (2019) Menyoal Perubahan Paradigma dari Kosmogoni ke Kosmologi. Jurnal Studi Kultural, 4 (2). ISSN 2477-3492

Full text not available from this repository.
Official URL: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Syeg...

Abstract

Kesadaran manusia tentang asal-usul dirinya dan alam semesta yang melingkupinya sudah selalu berarti kisah transformasi cara pandang. Diawali kisah penciptaan dunia (kosmogoni) yang di dalamnya manusia belum menjadi subjek penentu, bergeser ke ilmu tentang tatanan atau keteraturan semesta (kosmologi) yang di dalamnya manusia sudah ikut ambil bagian sebagai subjek penentu dirinya. Belajar melalui kosmogoni dan kosmologi dari sejarah Yunani kuno prasokratik, manusia sekarang dapat merefleksikan status ontologis singularitas dirinya maupun pluralitas alam semesta (multiverse) dan relasi di antara keduanya. Dilema pengembaraan intelektual manusia untuk memahami diri dan alam semesta sudah selalu meletak dalam tegangan antara keterbatasan kultur, epos sejarah, dan ruangwaktu mengada, di satu sisi, sekaligus upayanya untuk melampaui batas-batas yang ia ciptakan atau yang mengondisikan dirinya, di sisi lain. Enigma dilematis ini tampaknya lebih tepat ditanggapi dengan nalar yang memuisi yang menjangkau bukan hanya fakultas akal-budi untuk memahami (understand) namun juga fakultas imajinasi untuk melampaui kedirian (self) dan pendirian (stand).

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 100 Philosophy
100 Philosophy and Psychology > 110 Metaphysics > 113 Cosmology (Philosophy of nature)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:21
Last Modified: 19 Nov 2021 03:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19162

Actions (login required)

View Item View Item