UMN Knowledge Center

Pelatihan Komunikasi Publik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA Di Kabupaten Tangerang

Murwani, Endah (2019) Pelatihan Komunikasi Publik Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA Di Kabupaten Tangerang. In: Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://www.prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/a...

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi kemampuan berbicara di depan publik menjadi modal dasar bagi remaja untuk meningkatkan kepercayaan diri. Untuk itu, pelatihan komunikasi penting dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berbicara di depan publik dan meningkatkan kepercayaan diri. Metode yang digunakan untuk kegiatan ini berupa pelatihan pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Tahap yang dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan melalui wawancara pada guru dan observasi pada siswa; hasil identifikasi digunakan untuk memetakan kebutuhan materi pelatihan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2019 dengan peserta siswa SMA Negeri 10 Kabupaten Tangerang sebanyak 60 orang. Materi pelatihan mencakup: cara membangkitkan keberanian berbicara di depan publik; jenis-jenis berbicara di depan publik; tujuan dan manfaat komunikasi publik; tahap-tahap persiapan komunikasi publik dan di sesi terakhir dilakukan praktek berbicara di depan publik. Hasil evaluasi menunjukkan pemahaman peserta mengenai dasar-dasar komunikasi publik dengan rata-rata 4.1 dari skor 1-5. Sedangkan hasil evaluasi praktik, secara keseluruhan para siswa sudah dapat melakukan tahap-tahap komunikasi publik. Beberapa aspek yang perlu ditingkatkan antara lain dalam hal mengorganisir materi, mengembangkan pokok gagasan dan cara menguraikan isi komunikasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:56
Last Modified: 19 Jan 2022 07:38
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item