UMN Knowledge Center

Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair Organik di Desa Binaan UMN

Wahjuwibowo, Indiwan Seto (2020) Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair Organik di Desa Binaan UMN. In: Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/artic...

Abstract

Salah satu faktor pendukung aspek Smart Village adalah pengelolaan limbah masyarakat baik berupa sampah organik maupun anorganik. Pengelolaan sampah organik maupun anorganik merupakan suatu faktor pendukung utama. Apabila sampah ini tidak dikelola dengan baik, dapat mengakibatkan beberapa akibat yaitu: 1) Sampah bisa menyebabkan pencemaran udara karena terdapat gas-gas yang menimbulkan bau yang tidak sedap; 2) Penumpukan sampah mengakibatkan kondisi ketidaknyamanan kehidupan lingkungan sekitarnya; 3) minim oksigen terjadi karena selama proses perombakan sampah menjadi senyawa-senyawa yang diperlukan oksigen yang telah diambil dari udara sekitar tempat pembuangan sampah; 4) gas yang dihasilkan selama proses pembusukan sampah bisa membahayakan kesehatan karena bisa jadi sampah tersebut mengandung gas beracun; 5) menyebabkan terjadinya penularan penyakit melalui hewan, misalnya lalat atau serangga lain; 6) Tempat pembuangan sampah menjadi tempat yang kurang indah dipandang dan lingkungan tersebut tidak nyaman untuk ditempati. Itulah yang membuat sejumlah dosen di Universitas Multimedia Nusantara melakukan sosialisasi dan praktik mengubah sampah organic menjadi pupuk cair organic dengan teknik yang sederhana memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di desa. pemanfaatan pupuk organik untuk tanah sangat membantu memperbaiki struktur tanah, meningkatkan permeabilitas tanah, dan mengurangi ketergantungan lahan pada pupuk anorganik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Social Sciences > 350 Public administration and military science > 353 Specific Public Administration (Incl. Social Welfare, Health Services; Safety, Mitigation, Waste Control; Public Justice, Corruption)
300 Social Sciences > 350 Public administration and military science > 354 Public administration of economy and environment
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Nov 2021 10:31
Last Modified: 19 Nov 2021 10:31
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/19186

Actions (login required)

View Item View Item