Representasi feminisme perempuan dalam iklan dove bertema 'Sisters in beauty' (Analisis semiotika Roland Barthes)

Leonita, Leonita (2016) Representasi feminisme perempuan dalam iklan dove bertema 'Sisters in beauty' (Analisis semiotika Roland Barthes). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (734kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konstruksi perempuan stereotipe dalam iklan sampo di televisi yang hanya menampilkan sosok biologis perempuan seperti rambut panjang, hitam, berkilau, terurai. Profesi perempuan yang ditampilkan juga sebagai ibu rumah tangga atau penghuni dapur (domestik). Dengan latar belakang tersebut peneliti meneliti sebuah iklan sampo televisi yang tidak hanya menampilkan sosok biologis perempuan namun juga profesi perempuan di luar wilayah domestik. Peneliti memilih iklan sampo Dove bertema ‘Sisters in Beauty’ sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana feminisme perempuan direpresentasikan dalam iklan sampo Dove bertema ‘Sisters in Beauty’. Peneliti menggunakan teori iklan televisi, representasi, perempuan dalam iklan, feminisme, semiotika, dan semiotika Roland Barthes. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta dipertajam dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya simbol-simbol feminisme perempuan yang ditunjukkan dari penampilan gaya rambut dan pakaian Sarah Sechan, tampilan adegan Titi Sjuman bermain drum, dan penampilan Maia Estianty yang berbeda-beda dari segi gaya pakaian, gaya rambut, dan warna rambut. Simbol-simbol feminisme tersebut didasarkan pada ideologi feminisme yang menyangkut pembebasan perempuan dan kesetaraan terhadap perempuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 300 Social sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status)
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 08 Jun 2017 02:43
Last Modified: 02 Mar 2022 02:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item