Strategi Kreatif Kampanye Iklan dalam Mengangkat Isu Feminisme: Studi Kasus Iklan Pantene "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitam kah?"

Nareswari, Stella (2022) Strategi Kreatif Kampanye Iklan dalam Mengangkat Isu Feminisme: Studi Kasus Iklan Pantene "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitam kah?". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Isu feminisme di Indonesia kerap memiliki fokus terhadap pentingnya kesetaraan gender. Di Indonesia, perempuan dan laki-laki mulai memahami pentingnya kesetaraan gender baik dalam kehidupan sehari-hari, di tempat kerja, maupun di fasilitas lainnya. Adanya pemahaman pentingnya kesetaraan gender mendorong masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas yang mengedepankan posisi perempuan, termasuk salah satunya periklanan. Dalam dunia periklanan terdapat konsep brand-cause fit. Menurut Kotler & Keller, brand-cause fit merupakan upaya yang digunakan para brand untuk mendapatkan keuntungan melalui aktivitas yang digolongkan positif. Kesetaraan gender merupakan salah satu isu yang sering diangkat dalam melakukan upaya brand-cause fit. Maka dari itulah mulai dikenalnya istilah femvertising. Femvertising dijadikan sebuah peluang untuk mendapat profit sekaligus merubah citra perempuan. Pantene yang merupakan brand perawatan rambut ternama di dunia telah menggunakan femvertising sebagai sebuah pendekatan untuk iklannya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif dari sebuah kampanye iklan berdasarkan konsep Belch & Belch dalam mengangkat isu feminisme dalam iklan Pantene yang berjudul "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitam kah?". Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa strategi kreatif dari kampanye iklan yang digunakan oleh Pantene untuk iklan ini belum sepenuhnya sejalan dengan konsep Belch & Belch. Strategi kreatif yang digunakan Pantene juga sedikit berbeda khususnya pada tahap reality or verification. Sedangkan untuk tahap lainnya sudah sejalan dengan konsep yang dikemukakan oleh Belch & Belch.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Iklan, Strategi Kreatif, Pantene, dan Femvertising vi Strategi Kreatif Kampanye Iklan dalam Mengangkat Isu Feminisme: Studi Kasus Iklan Pantene "Rambut Ideal itu Panjang dan Hitamkah?", Stella Nareswari, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 14:30
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20039

Actions (login required)

View Item View Item