Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Tradisi Sekaten untuk Remaja di Yogyakarta

Wiwied, Samuel (2022) Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Tradisi Sekaten untuk Remaja di Yogyakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Yogyakarta yang memiliki ragam daya tarik baik tradisi maupun cagar budaya, salah satu contohnya yaitu tradisi Sekaten. Sekaten merupakan salah satu tradisi yang diwariskan sebagai tujuan untuk penyiaran agama islam di Yogyakarta serta memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW sampai saat ini. Sekaten yang menjadi tradisi yang utama oleh masyarakat Yogyakarta tentunya harus terus menerus dilestarikan, dan tentunya keberlangsungan atau keabadian tradisi tersebut, semua berada di tangan generasi muda. Generasi muda sebagai generasi penerus tradisi tersebut harus dapat melestarikan kebudayaan tersebut minimal memahami tradisi tersebut supaya tradisi Sekaten tersebut tetap ada, dan masih dapat dikenali oleh generasi selanjutnya. Memasuki era globalisasi tentunya masyarakat harus bisa beradaptasi dengan keadaan tetapi tidak melunturkan keaslian yang dimiliki suatu daerahnya. Tatkala, masih banyak masyarakat khususnya anak muda Yogyakarta yang kurang memahami atau tidak mengetahui sama sekali mengenai salah satu tradisi yang mereka miliki khususnya tradisi Sekaten ini. Media Informasi yang sesuai dan efektif bagi anak muda mengenai tradisi Sekaten ini menjadi solusi guna pemerataan literasi mengenai salah satu tradisi yang mereka miliki dengan menggunakan teori Landa (2013). Dalam perancangan kali ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa, wawancara dan penyebaran kuesioner.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: media informasi,tradisi, Sekaten vii Perancangan Media Informasi Tentang Tradisi Sekaten untuk Remaja di Yogyakarta,Samuel Wiwied Heriyanto, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 14:32
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item