Motivasi dan Kepuasan Pengunjung Museum dalam Menggunakan Konten Virtual Tour Studi Akun Instagram @museumkesejarahan

Fadiatul Trisnasari, Maya (2022) Motivasi dan Kepuasan Pengunjung Museum dalam Menggunakan Konten Virtual Tour Studi Akun Instagram @museumkesejarahan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (303kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat penurunan drastis wisatawan mancanegara dan lokal di Indonesia. Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Museum Fatahillah adalah satu dari sekian banyak sektor wisata yang terkena dampak dari pandemi. UP Museum Kesejarahan Jakarta membuat virtual tour agar bisa tetap melayani dan menemni pengunjung di rumah. Selain bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan pengunjung (customer relations), virtual tour bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan informasi pengunjung melalui media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui bagaimana motivasi dan kepuasan museum menggunakan sosial instagram dalam memberikan informasi kepada pengunjung museum. Penelitian ini menggunakan teori utama yaitu uses and gratification theory yang membahas tentang motivasi dan kepuasan pengunjung serta pemandu dalam mengikuti konten virtual tour. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode wawancara. Hasil penelitian ini adalah Konten virtual tour yang diciptakan oleh UP Museum Kesejarahan Jakarta bisa untuk menjadi wadah pembelajaran dan menjadi alternatif wisata ditengah pandemi Covid-19. Motivasi terciptanya konten virtual berkesinambungan dengan apa yang didapat oleh audiens ketika mengikuti virtual tour. Konten virtual tour @museumkesejarahan

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pandemi Covid-19, Uses and Gratification Theory, Virtual tour. viii Motivasi Dan Kepuasan ..., Maya Fadiatul, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:30
Last Modified: 24 Nov 2022 01:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20088

Actions (login required)

View Item View Item