Perancangan Flashcard untuk Anak Usia 6-12 Tahun tentang Pahlawan Pendidikan Indonesia

Sutanto, Tamara (2022) Perancangan Flashcard untuk Anak Usia 6-12 Tahun tentang Pahlawan Pendidikan Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pahlawan Pendidikan Indonesia sekarang ini sudah mulai dilupakan oleh generasi muda Indonesia. Hal ini sudah semakin memprihatinkan, dapat dibuktikan dari sebuah kegiatan yang diadakan oleh Badan Diklat Kementrian Pertahanan. Seluruh siswa SD sampai SMP pada acara itu tidak ada yang mengenali wajah Pahlawan Nasional Indonesia. Padahal seharusnya Pahlawan Pendidikan Indonesia dapat menjadi contoh bagi anak usia 6-12 tahun, karena pada rentang umur 6-12 tahun anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mereka juga mencari panutan yang dapat dijadikan idola. Hal ini menyebabkan keberadaan Pahlawan Pendidikan Indonesia bisa semakin dilupakan, padahal dengan segala cerita heroik dan perjuangan dari Pahlawan Pendidikan Indonesia untuk memperjuangkan Pendidikan di Indonesia ini seharusnya tidak boleh dilupakan begitu saja, karena dapat menimbulkan rasa rendah diri pada anak dan jiwa nasionalisme yang sebatas formalitas saja. Oleh karena itu, menurut Prof. Dr. Wasino, M.hum, untuk membantu pengenalan Pahlawan Pendidikan Indonesia kepada generasi muda usia 6-12 tahun atau yang duduk di bangku Sekolah Dasar, diperlukan media yang memvisualisasikan Pahlawan Pendidikan Indonesia. Diharapkan dengan adanya perancangan flashcard ini, segala perjuangan dan cerita heroik dari Pahlawan Pendidikan Indonesia, bisa diketahui oleh anak usia 6-12 tahun. Penulis menggunakan metode perancangan desain Robin Landa yang terdiri dari lima tahapan, yaitu orientasi, analisis, konsep, desain, dan implementasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pahlawan Pendidikan Indonesia, Pengenalan, Flashcard vii Perancangan Flashcard untuk..., Tamara Sutanto, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 14:50
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item View Item