Perancangan Promosi Interaktif Benteng Pendem Cilacap

Purwanto, Linda Febriana (2022) Perancangan Promosi Interaktif Benteng Pendem Cilacap. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (992kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (371kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Benteng Pendem terletak di pesisir Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Wisata warisan budaya ini yang dibangun pada tahun 1861 dan merupakan peninggalan Belanda. Keunikan Benteng Pendem terletak pada perpaduan sejarah perjuangan Indonesia, warisan budaya, dan keindahan alam. Di dalam Benteng Pendem terdapat objek wisata benteng bergaya Belanda dan penangkaran satwa dilindungi atau Menjangan Park. Berkurangnya jumlah pengunjung menyebabkan penurunan omzet yang dialami Pemerintah Daerah Cilacap. Hal ini semakin diperparah dengan imbas pandemi COVID-19. Padahal terdapat peluang besar bagi Benteng Pendem Cilacap sebagai objek ekowisata yang mengutamakan konservasi alam, budaya lokal, dan sejarah perjuangan Bangsa Indonesi. Peluang ini dapat menambah devisa Kabupaten Cilacap dengan banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung. Dalam proses merancang promosi interaktif, penulis menggunakan metode perancangan Human Centered Design milik IDEO. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, diskusi, observasi referensi, dan studi pustaka. Landasan teori yang digunakan adalah teori desain dan teori promosi. Hasil penelitan ditemukan penyebab kurangnya pengunjung disebabkan kurang gencar dalam berpromosi, sehingga dirancanglah media interaktif yang bertujuan viral marketing.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: interaktif, pariwisata, promosi vi Perancangan Promosi Interaktif..., Linda Febriana Purwanto, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Nov 2022 05:46
Last Modified: 06 Oct 2023 00:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20239

Actions (login required)

View Item View Item