Perancangan Self Help Book untuk Edukasi Social Comparison pada Remaja

Stanlee, Angelia Rosta (2022) Perancangan Self Help Book untuk Edukasi Social Comparison pada Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (20MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (600kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Remaja mengalami banyak fenomena ketika beranjak dewasa, salah satunya social comparison. Social comparison dapat berdampak positif ataupun negatif, tergantung dari cara menyikapinya. Apabila tidak disikapi dengan baik, dapat menimbulkan dampak negatif seperti timbulnya keirihatian, tidak percaya diri, hingga depresi. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya social comparison, yaitu self assessment, self enhancement and improvement, dan social judgment. Metode kuesioner, wawancara, dan studi pustaka digunakan untuk mencari data dalam perancangan ini. Dari hasil kuesioner, 68,6% remaja sering membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Remaja paling sering membandingkan dirinya dengan teman, yang berujung timbul perasaan negatif pada dirinya. Berdasarkan hasil wawancara, social comparison memang sudah menjadi sifat alami manusia, namun tetap diperlukan pendidikan karakter yang membantu remaja dalam menyikapi social comparison dengan lebih baik. Maka dari itu, diperlukan edukasi mengenai social comparison kepada remaja melalui metode mendongeng, dimana nilai dapat tersampaikan dengan baik tanpa menggurui. Selama proses perancangan, digunakan metode menurut Andrew Haslam, dalam bukunya yang berjudul Book Design. Ditemukan 3 keywords yang menjadi acuan perancangan, yaitu gratitude, inner-self, dan reflective. Keywords diolah menjadi big idea, refleksi atas rasa syukur pada diri sendiri, dengan konsep Back to Yourself. Self help book ini terdiri atas 4 bagian, berdasarkan faktor dan lingkungan pemicu social comparison. Self help book ini bertujuan mengedukasi remaja, sehingga terinspirasi dalam menyikapi social comparison dan lebih menyadari kelebihan yang dimiliki, dengan demikian dampak negatif dari social comparison dapat diminimalisir.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: keirihatian, mendongeng, perbandingan sosial vi Perancangan Self Help..., Angelia Rosta Stanlee, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:09
Last Modified: 11 Oct 2023 00:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20241

Actions (login required)

View Item View Item