Pengaruh Penggunaan E-Commerce bagi Perkembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Pakaian di Jakarta

Darmawan, Ritchie (2022) Pengaruh Penggunaan E-Commerce bagi Perkembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Pakaian di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (133kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah terkena dampak yang cukup serius akibat pandemi Covid-19, mulai dari penurunan penjualan, permodalan, distribusi yang tersendat/terhambat, kesulitan dalam mencari bahan baku, produksinya menurun, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2020 dan 2021, industri pakaian jadi mengalami penurunan pertumbuhan yang disebabkan oleh adanya pandemi di awal tahun 2020 lalu. Namun kondisi ini berbeda dengan UMKM pada sektor lainnya seperti makanan dan minuman yang menunjukkan pertumbuhan positif. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM sektor pakaian jadi memerlukan pembaruan dan strategi yang tepat untuk dapat bertahan di tengah pandemi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan e-commerce. Namun kenyataannya UMKM yang menggunkaan e-commerce hanya 25 persen dari total UMKM yang ada, hal ini menunjukkan penting dikaji lebih dalam terkait dengan penggunaan e-commerce. Pada penelitian ini menggunakan Conclusive Research Design dan Descriptive Research Design dengan menggunakan metode survei. Jumlah sampel yang digunakan dibulatkan menjadi 96 orang sampel. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan, keberagaman, cakupan luas, dan keunikan e- commerce berpengaruh positif terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah pakaian jadi. Temuan ini menjelaskan bahwa e-commerce bermanfaat baik bagi perkembangan UMKM, sehingga pelaku UMKM pakaian jadi khususnya harus mulai memanfaatkan teknologi tersebut untuk kemajuan usaha dimasa depan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kemudahan penggunaan, keberagaman, keluasan cakupan, keunikan, e-commerce, Usaha Mikro Kecil Menengah iv Pengaruh Penggunaan E-Commerce Bagi Perkembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Pakaian di Jakarta
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:02
Last Modified: 21 Jun 2023 06:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/20264

Actions (login required)

View Item View Item