Kesediaan Membayar dan Kebutuhan Generasi Y dalam Mengakses Berita Berkualitas Tempo.co

Elaine, Jessica (2022) Kesediaan Membayar dan Kebutuhan Generasi Y dalam Mengakses Berita Berkualitas Tempo.co. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Digital advertising yang tidak lagi ideal, mengakibatkan media mulai menerapkan kembali model bisnis berbasis subscription, hanya saja pada platform digital. Model bisnis ini mewajibkan para pembaca untuk membayar sebelum mengakses konten berita digital. Di Indonesia sendiri, model bisnis ini sudah diterapkan oleh Kompas.id, Tempo.co, dan The Jakarta Post. Permasalahannya adalah, beberapa penelitian terdahulu yang dilakukan di berbagai negara, mengungkapkan hasil yang cukup mengecewakan terkait kesediaan membayar untuk suatu berita. Di Indonesia sendiri, masyarakat juga lebih memilih untuk membaca berita melalui media sosial yang sifatnya gratis. Padahal, berita berbayar umumnya memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan berita gratisan. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Indonesia, terkait kesediaan membayar Gen Y terhadap suatu berita berkualitas, serta apakah berita berbasis langganan berhasil memenuhi kebutuhan Gen Y akan berita berkualitas. Peneliti memilih Gen Y, karena saat ini generasi tersebut menempati posisi pertama terkait pengguna aktif media daring. Selain itu, penelitian akan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, yang difokuskan pada Tempo.co. Tempo.co sendiri merupakan media daring yang paling sering diakses, yang menempati urutan sembilan dari enam belas portal berita. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesediaan membayar Gen Y. Sementara untuk kebutuhan Gen Y akan berita berkualitas itu berbeda-beda. Ketika seseorang memiliki kebutuhan yang tinggi akan berita berkualitas, belum tentu individu tersebut akan bersedia untuk membayar. Bisa saja kebutuhan akan berita berkualitas ini terpenuhi melalui media gratisan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: willingness to subscribe, digital subscription, kebutuhan berita berkualitas, Generasi Y vii Kesediaan Membayar dan Kebutuhan Generasi Y..., Jessica Elaine, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Last Modified: 22 Mar 2022 15:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item View Item