Proses Kerja Reporter pada Kanal Hype IDN Times

Nur Shabira, Rafifa (2022) Proses Kerja Reporter pada Kanal Hype IDN Times. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam memberitakan suatu informasi atau peristiwa, media membutuhkan reporter atau jurnalis yang dapat melaporkan informasi ke publik. Jurnalis dituntut untuk cepat dalam menyampaikan informasi. Selain itu, adanya digitalisasi membuat jurnalis dituntut untuk dapat menyampaikan informasi secara multiplatform. Kemudian, perubahan gaya hidup masyarakat membuat pola konsumsi yang awalnya dari media cetak beralih ke media daring karena dapat diakses dengan cepat dan mudah. Dalam media daring, rubrik atau kanal yang tersedia juga beragam. IDN Times merupakan salah satu media daring yang memiliki beragam kanal berita. Target audiens IDN Times adalah generasi milenial dan generasi Z. Penulis melakukan praktik kerja magang di IDN Times sebagai reporter pada kanal Hype. Selama kerja magang, penulis menghasilkan konten jurnalistik berupa artikel listicle untuk pemberitaan pada dunia hiburan. Sebelum penulis melakukan praktik kerja magang, penulis sudah mempelajari dasar-dasar jurnalistik selama berkuliah di Universitas Multimedia Nusantara. Melalui praktik kerja magang pada kanal Hype IDN Times, penulis mempraktikkan langsung proses menulis artikel mulai dari riset topik yang akan ditulis, menentukan angle, mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil riset dan liputan secara virtual, melakukan evaluasi, menulis liputan, dan melakukan penyuntingan. Selama 63 hari melakukan praktik kerja magang, penulis mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya, salah satunya melakukan wawancara langsung dengan beberapa figur publik.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: proses kerja reporter, jurnalis hiburan, kanal Hype, IDN Times
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:57
Last Modified: 19 Jun 2023 01:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item