Persepsi Jurnalis Media Daring di Bangka Belitung terhadap Automated Journalism

Ferdi, Ferdi (2022) Persepsi Jurnalis Media Daring di Bangka Belitung terhadap Automated Journalism. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Automated journalism atau yang lebih dikenal dengan robot jurnalistik merupakan contoh semakin pesatnya perkembangan teknologi. Robot jurnalistik ini dimanfaatkan untuk membuat artikel berita dengan menggunakan program komputer yang dilengkapi dengan artificial intelligence (AI). Dari awal ditemukannya, sistem ini telah memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang salah satunya jurnalistik. Di Indonesia, jurnalisme robot masih tergolong baru dan tidak banyak media yang menggunakan robot dalam ruang redaksinya. Pemanfaatan jurnalisme robot dalam industri media di Indonesia sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Lokadata.id dalam sebagian proses produksi berita mereka. Penelitian dilakukan untuk membahas bagaimana persepsi para jurnalis media daring di Bangka Belitung terhadap penerapan automated journalism di ruang redaksi melalui sudut pandang determinasi sosial serta mencari tahu hambatan belum diterapkannya teknologi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana persepsi jurnalis media daring di Bangka Belitung terhadap penerapan automated journalism melalui konsep SCoT? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dan memanfaatkan metode studi kasus untuk menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena terkait persepsi jurnalis media daring di Bangka Belitung yang terbentuk dari pemanfaatan automated journalism. Selain itu, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara kepada para informan. Informan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu para jurnalis yang terlibat aktif dalam ruang redaksi pada empat media online di Bangka Belitung. Hasil dari penelitian ini tidak ditemukan perbedaan persepsi yang signifikan dari para informan terkait penerapan teknologi automated journalism sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan jurnalis serta bukan untuk menggantikan profesi jurnalis manusia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: automated journalism, robot jurnalistik, Social Construction of Technology (SCoT).
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:11
Last Modified: 15 Jun 2023 06:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21573

Actions (login required)

View Item View Item