Kredibilitas Video Kanal Youtube AutonetMagz sebagai Portal Berita Otomotif Online (Sebuah Analisis Isi Kuantitatif)

Bastian, Michael (2022) Kredibilitas Video Kanal Youtube AutonetMagz sebagai Portal Berita Otomotif Online (Sebuah Analisis Isi Kuantitatif). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan internet dan media sosial dapat memicu media online untuk melakukan pemberitaan yang tidak mengutamakan indikator kredibilitas dari pemberitaan berita itu sendiri. Fenomena ini dapat memengaruhi bahkan merusak kredibilitas yang dimilki oleh media online. AutonetMagz merupakan media otomotif yang memanfaatkan media sosial seperti kanal YouTube untuk melakukan pemberitaan. AutonetMagz dalam membangun kredibilitasnya meliput salah satu pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara yang juga merupakan pameran otomotif di Indonesia setara dengan pameran otomotif kelas dunia, yaitu GIIAS 2021. Berangkat dari latar belakang tersebut, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana AutonetMagz sebagai media otomotif menayangkan kredibilitas video pemberitaan di kanal YouTube yang dilakukan selama event GIIAS 2021 berdasarkan lima dimensi kredibilitas pemberitaan berita online oleh Bucy (2003). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif bermetode analisis isi, di mana sampel dalam penelitian ini yaitu dua belas video pemberitaan oleh AutonetMagz yang dibuat pada saat event GIIAS 2021 yang diperoleh melalui teknik total sampling. Dari hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, ditunjukkan bahwa hanya enam dari dua belas video pemberitaan yang dilakukan oleh AutonetMagz yang dinyatakan sepenuhnya kredibel karena mengandung keberimbangan, keakuratan, terpercaya, dan dibahas secara informatif serta mendalam. Jika dilihat dari masing-masing indikator kredibilitas pemberitaan, pada indikator fair dan accurate, seluruh video pemberitaan oleh AutonetMagz dinyatakan kredibel. Sedangkan pada indikator believable, informative dan in-depth, tidak seluruh video pemberitaan oleh AutonetMagz dinyatakan kredibel.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kredibilitas Pemberitaan, Berita Otomotif, Media Online, YouTube, AutonetMagz
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:13
Last Modified: 14 Jun 2023 06:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item View Item