Penilaian Otomatis untuk Pembelajaran Secara Daring Menggunakan Metode Synonym Recognition dan Cosine Similarity (Studi Kasus: Sekolah Dasar Islam Panji Nusantara Tangerang)

Van Bastian, Jordy (2022) Penilaian Otomatis untuk Pembelajaran Secara Daring Menggunakan Metode Synonym Recognition dan Cosine Similarity (Studi Kasus: Sekolah Dasar Islam Panji Nusantara Tangerang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini teknologi banyak mengalami perkembangan yang pesat dari masa ke masa. Salah satunya adalah pembelajaran secara daring yang mempengaruhi dunia pendidikan secara signifikan. Dengan dilakukannya pembelajaran daring, pihak sekolah terpaksa menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh. Aplikasi tersebut memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah proses penilaian dimana saat ini hanya mampu mengolah jawaban berupa pilihan ganda. Sedangkan untuk penilaian soal esai masih menggunakan cara manual, karena guru dituntut untuk konsisten dan teliti dalam memberikan nilai jawaban esai semua siswa dan juga memerlukan waktu lebih banyak untuk pemeriksaan jawaban esai. Berdasarkan masalah yang telah dijabarkan, maka akan dilakukan penelitian untuk mengembangkan sebuah sistem yang membantu penilaian otomatis untuk pembelajaran secara daring. Digunakan metode Synonym Recognition untuk mengecek kata dalam kamus sinonim dan metode Cosine Similarity untuk pengukuran terkait kemiripan dua dokumen, dalam konteks penelitian ini adalah kunci jawaban dan jawaban siswa. Sistem ini diuji coba di Sekolah Dasar Islam Panji Nusantara Tangerang dengan harapan dapat mempermudah proses penilaian tugas esai dalam proses pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil pengujian 65 data, sistem yang dikembangkan berhasil melakukan penilaian otomatis dengan nilai akurasi kebenaran sebesar 61,53% dan Root Mean Squared Error sebesar 6,201. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada para pendidik dalam memproses nilai tugas esai dalam pembelajaran daring di indonesia. Selain itu penelitian ini dapat menjadi referensi bagi peneliti lain yang ingin membahas topik yang terkait dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cosine Similarity, Penilaian Otomatis, Synonym Recognition Tugas esai
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.2 Special-purpose System, Data Collection, Automatic Identification and Data Capture
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:15
Last Modified: 08 Aug 2023 04:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21606

Actions (login required)

View Item View Item