Hubungan Terpaan Berita Kekerasan Seksual di Media Online terhadap Anak dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua

Angel Paulina, Angel Paulina (2022) Hubungan Terpaan Berita Kekerasan Seksual di Media Online terhadap Anak dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Angka kekerasan seksual terhadap anak di Indonesia terus mengalami kenaikan. Pemberitaan mengenai kekerasan seksual sering kali dipublikasikan melalui media online, hal ini dikarenakan media online lebih berkarakteristik fleksibel dan bersifat dua arah. Setiap pemberitaan tersebut kerap memberikan kesan yang justru menimbulkan kecemasan pada orang tua, namun tak sedikit juga para orang tua menjadi termotivasi agar lebih baik lagi dalam mengawasi anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dan seberapa besar pengaruh antara terpaan berita kekerasan seksual di media online terhadap anak dengan tingkat kecemasan orang tua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kultivasi dan konsep yang digunakan adalah konsep terpaan media, kekerasan seksual, dan kecemasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat eksplanatif dan paradigma positivistik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode survei, dengan instrumen penelitian kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua di Provinsi Banten dengan sampel sebanyak 400 responden dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengukuran data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji koefisien korelasi, dan analisis regresi linear sederhana. Adapun temuan dari penelitian ini, yaitu mayoritas khalayak di Banten suka membaca berita kekerasan seksual anak di media online, yang menyebabkan adanya rasa cemas dan takut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara terpaan berita kekerasan seksual terhadap anak dengan tingkat kecemasan orang tua sebesar 55,5%. Maka, kesimpulannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kekerasan seksual, media online, terpaan berita, tingkat kecemasan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:21
Last Modified: 15 Apr 2023 01:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item