Perbedaan Tingkat Kepercayaan Berita dan Audience Involvement Generasi Z pada Berita Infografis di Instagram @tirtoid dan @liputan6

Margaretha Gabriella Ayudityas, Margaretha Gabriella Ayudityas (2022) Perbedaan Tingkat Kepercayaan Berita dan Audience Involvement Generasi Z pada Berita Infografis di Instagram @tirtoid dan @liputan6. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (919kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tirto.id di media sosial Instagram menyampaikan beritanya dengan bentuk konten infografis, begitu pula Liputan6 yang juga mengunggah berita infografis dalam menyampaikan berita di Instagram walaupun lebih condong kepada berita singkat. Berita infografis memang menarik minat khalayak karena tampilannya yang interaktif dan informatif, tidak hanya berupa teks seperti berita teks. Bentuk berita ini juga lebih mudah diingat karena adanya gambar dan animasi yang dipakai. Format yang berbeda ini akan mempengaruhi kepercayaan seseorang karena kepercayaan pada berita menjadi salah satu dimensi tolak ukur yang harus dibangun oleh sebuah media agar media tersebut bisa dinikmati oleh khalayak dan bagaimana seseorang terlibat setelah memperoleh informasi dari media tersebut (audience involvement). Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu perbedaan tingkat kepercayaan berita dan audience involvement generasi Z pada berita infografis di Instagram @tirtoid dan @liputan6. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yang dilakukan terhadap 100 responden dan terbagi atas dua kelompok dengan jumlah 50 responden dalam masing-masing kelompok. Hasil dari uji t-test independent menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat kepercayaan berita infografis @tirtoid dan @liputan6 dengan nilai signifikansi sebesar 0.239 dan terdapat perbedaan yang signifikan antara audience involvement berita infografis @tirtoid dan @liputan6 dengan nilai signifikansi 0.000. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak media atau pihak lain, dalam menentukan format yang lebih tepat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Berita, Infografis, Tingkat Kepercayaan, Audience Involvement, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:23
Last Modified: 17 Jun 2023 06:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21657

Actions (login required)

View Item View Item