Model Kampanye Media Sosial dalam Mendukung Slow Fashion (Studi Kasus Kampanye #TukarBaju oleh Zero Waste Indonesia)

Stella Likman, Vidya (2022) Model Kampanye Media Sosial dalam Mendukung Slow Fashion (Studi Kasus Kampanye #TukarBaju oleh Zero Waste Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Industri fast fashion berkembang dengan pesat di seluruh dunia dan membentuk bagaimana sikap masyarakat dalam mengonsumsi produk-produk fesyen. Hal ini juga yang menyebabkan tren fesyen berubah dengan sangat cepat, sehingga masyarakat mengonsumsi produk fesyen dengan cepat juga. Kampanye #TukarBaju menjadi solusi dalam gaya hidup hemat dan ramah lingkungan, tetapi tetap bisa berganti fesyen dengan pakaian milik orang lain dengan konsep membawa baju yang masih layak pakai dan menukarkannya dengan milik orang lain (clothing swap). Kampanye ini menggunakan media digital untuk membagikan berbagai aktivisme secara online. Namun, tantangan dalam menggunakan media digital adalah sikap masyarakat Indonesia untuk mendukung gerakan slow fashion di dunia nyata, bukan hanya aktif di media sosial saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model kampanye #TukarBaju di media sosial dalam mendukung slow fashion. Konsep yang digunakan adalah slow fashion, kampanye digital, media digital, isu lingkungan pada media digital, serta komunikasi di media sosial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan Focus Group Discussion, observasi, dan studi literatur. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah penjodohan pola. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kampanye #TukarBaju lebih banyak dilakukan di media sosial. Berdasarkan model komunikasi media sosial, elemen yang mendukung terdiri dari pengirim, penerima, pesan, komunitas, gangguan, dan media. Selain itu, berbagai fitur media sosial digunakan oleh Zero Waste Indonesia untuk menyebarluaskan kampanye #TukarBaju dalam mendukung slow fashion.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: model kampanye media sosial, #Tukarbaju, slow fashion
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:24
Last Modified: 10 May 2023 08:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item