Implementasi NEAR Smart Contract dan Analisis Transaction Fees untuk Media Sosial Terdesentralisasi

Diamond, Vincent (2022) Implementasi NEAR Smart Contract dan Analisis Transaction Fees untuk Media Sosial Terdesentralisasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)

Abstract

Transaction fees merupakan sebuah masalah yang kerap dihadapi dan tidak bisa di- hindari oleh pengguna saat berinteraksi dengan blockchain. Terutama saat istilah Web3 sedang naik daun, terdapat biaya transaksi yang mencapai jutaan rupiah un- tuk satu kali transaksinya yang dianggap terlalu tinggi. Perkembangan blockchain juga melahirkan kembali konsep dari smart contract -- sebuah jenis perintah yang akan dijalankan ketika suatu kondisi terpenuhi; secara sederhana merupakan suatu aplikasi yang dijalankan sepenuhnya di atas blockchain. Mengembangkan apli- kasi sosial media terdesentralisasi yang padat akan transaksi memerlukan alternatif dari Ethereum sehingga dapat dijangkau oleh banyak penggunanya, maka penelitian ini bertujuan untuk menggunakan NEAR protocol sebagai platform dalam mem- bangun media sosial terdesentralisasi dengan intensi mengevaluasi biaya transaksi yang dikeluarkan untuk membuktikan klaim NEAR sebagai blockchain yang ren- dah biaya. Penelitian ini akan bertujuan untuk mengimplementasikan NEAR smart contract, mengevaluasi biaya transaksi, dan melihat penerimaan pengguna terhadap analisis biaya transaksi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata biaya transaksi yang dikeluarkan adalah Rp30,25 dan pengujian peneri- maan pengguna menghasilkan nilai sebesar 72,18%; yang berarti pengguna setuju dengan biaya transaksi yang diperlukan untuk menggunakan sosial media terdesen- tralisasi yang dirancang.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Aplikasi terdesentralisasi, biaya transaksi, blockchain, media sosial, smart contract
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:25
Last Modified: 22 Aug 2023 06:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item