Proses Pengambilan Keputusan melalui Komunikasi Interpersonal pada Pasangan Suami Istri yang Menerapkan Childfree

Ivan, ., (2022) Proses Pengambilan Keputusan melalui Komunikasi Interpersonal pada Pasangan Suami Istri yang Menerapkan Childfree. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)

Abstract

Pernikahan dalam konteks suami istri adalah bentuk khusus dari hubungan yang dibangun melalui komunikasi dan pengambilan keputusan, kedua pihak yang menikah terhubung satu sama lain dengan mempertemukan kebutuhan dan tujuan masing-masing. Kedua pihak menjalin sebuah hubungan untuk melakukan sebuah aksi dan membentuk identitas bersama sebagai pasangan suami istri atau Keluarga. Keluarga memiliki beberapa fungsi, salah satu fungsi dari keluarga adalah meneruskan keturunan. Terdapat konsep yang menentang fungsi keluarga dalam meneruskan keturunan, yaitu konsep childfree. Pada konsep childfree, pasangan suami istri memutuskan untuk tidak memiliki anak secara kandung maupun angkat yang dikarenakan oleh beberapa faktor. Childfree otomatis menentang budaya masyarakat Indonesia yang konservatif, dimana tujuan dari pernikahan adalah untuk meneruskan keturunan, jika sudah menikah dan memiliki keturunan, hal tersebutlah yang dianggap ideal dalam budaya konservatif di Indonesia. Keputusan untuk childfree berasal dari diri sendiri yang didasarkan pengalaman dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan melalui komunikasi interpersonal pada pasangan childfree berdasarkan interpersonal power, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada proses penagmbilan keputusan pasangan childfree berdasarkan power. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga pasangan yang menerapkan proses pengambilan keputusan dalam mengambil keputusan untuk childfree. Penggunaan proses pengambilan keputusan dan interpersonal power terbukti efektif pada ketiga pasangan suami istri untuk mencapai kesepakatan bersama.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pasangan suami istri, childfree, Proses pengambilan keputusan, interpersonal power, studi kasus
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:29
Last Modified: 27 Apr 2023 01:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item