Analisis Pengaruh Self-Efficacy terhadap Emotional Exhaustion, Personal Accomplishment, dan Depersonalization selama Work from Home: Telaah pada Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Tangerang

Franciska, Merisa (2022) Analisis Pengaruh Self-Efficacy terhadap Emotional Exhaustion, Personal Accomplishment, dan Depersonalization selama Work from Home: Telaah pada Guru-Guru Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Sektor pendidikan merupakan salah satu yang terkena dampak pada saat terjadinya pandemi Covid-19 dimana guru harus melaksanakan work from home dan siswa/i harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hasil in-depth interview yang dilakukan kepada 12 responden, mereka menyatakan bahwa terdapat kendala yang dialami oleh guru sekolah dasar (SD) negeri di Kabupaten Tangerang saat melaksanakan work from home dan pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada emotional exhaustion, depersonalization yang meningkat, dan rendahnya personal accomplishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh self- efficacy terhadap emotional exhaustion, personal accomplishment, depersonalization pada guru-guru sekolah dasar (SD) negeri di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah judgement sampling. Data yang telah diperoleh dalam melakukan penyebaran kuesioner manual kepada 135 guru dengan minimal bekerja satu tahun dan pernah atau sedang melaksanakan work from home. Hasil data yang diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SmartPLS . Hasil dari penelitian ini menunjukkan self-efficacy memiliki pengaruh negatif terhadap emotional exhaustion dan depersonalization serta self-efficacy memiliki pengaruh positif terhadap personal accomplishment. Sehingga untuk dapat meningkatkan self-efficacy dan low personal accomplishment pada guru harus meminimalisir terjadinya emotional exhaustion dan depersonalization.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self-efficacy, Guru, Emotional Exhaustion, Personal Accomplishment, Depersonalization, Work From Home
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, and physiological drives
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:34
Last Modified: 22 Jun 2023 05:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21756

Actions (login required)

View Item View Item