Analisis Isi Product Placement pada Drama Korea Vincenzo

Lie, Cinthya Andry (2022) Analisis Isi Product Placement pada Drama Korea Vincenzo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)

Abstract

Persaingan antar brand kian terjadi semakin intens dan menuntut para pemilik brand untuk mencari cara kreatif dalam memasarkan produknya. Salah satu cara kreatif dalam memasarkan produk adalah dengan menempatkan produk pada suatu acara televisi, film, maupun drama atau yang bisa disebut sebagai product placement. Penggunaan drama Korea sebagai media product placement menjadi strategi yang kerap digunakan oleh para pemilik brand mengingat tingginya angka penonton dari drama Korea. Vincenzo yang merupakan drama Korea dengan rating tertinggi di tahun 2021 dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk melancarkan strategi product placement sebagai upaya untuk mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan product placement pada drama Korea Vincenzo. Penelitian ini menggunakan konsep Product Placement, analisis sosial, budaya, ekonomi, dan analisis isi pada media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh episode dalam drama Korea Vincenzo dengan total 20 episode yang sampelnya diambil dengan menggunakan total sampling. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa para brand yang ditemukan mayoritas menggunakan bentuk visual product placement dan plot connection or congruent of placement secara implisit untuk bisa menjangkau audiens secara natural.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Product Placement, drama Korea, drama Korea Vincenzo
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:37
Last Modified: 27 Apr 2023 08:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21783

Actions (login required)

View Item View Item