Analisis Isi Strategi Pesan dalam Co-Branding Erha X Aqua melalui Media Sosial Instagram

Bahri, Dinda Amalia (2022) Analisis Isi Strategi Pesan dalam Co-Branding Erha X Aqua melalui Media Sosial Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ERHA merupakan sebuah brand kecantikan asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 1999, ERHA melakukan Co-branding dengan brand air mineral AQUA, yang dikenal sebagai top of mind di kategorinya dan mengeluarkan rangkaian produk hydrating skincare yang mewakili karakteristik kedua brand. ERHA menggunakan media sosial Instagram untuk melakukan komunikasi pemasaran. Dalam hal ini, diperlukan strategi pesan yang tepat sehingga tujuan komunikasi pemasaran dari co-branding ERHA dan AQUA dapat tersampaikan dengan baik ke target audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pesan dan dimensi co-branding yang digunakan oleh ERHA dalam media sosial Instagram. Konsep yang digunakan adalah co-branding dan strategi pesan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode analisis isi yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh post feeds terkait co-branding dalam Instagram ERHA pada periode Februari 2021 hingga Februari 2022 yakni sejumlah 33 posts. Berdasarkan hasil analisis, ERHA menggunakan tiga strategi pesan yang mewakili dan mempengaruhi komponen sikap target konsumen, yakni cognitive strategy, affective strategy, dan conative strategy. Cognitive strategy merupakan strategi pesan dengan persentase tertinggi. Dalam penggunaan dimensi co- branding, terdapat kelima dimensi pada seluruh konten mengenai co-branding di Instagram ERHA (@erha.dermatology). Kolaborasi antara ERHA dan AQUA mencapai tingkatan complementary competence.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Co-branding, Strategi Pesan, Media Sosial, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:40
Last Modified: 15 Apr 2023 06:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

View Item View Item