Pemaknaan Budaya Maskulinitas pada Remaja Laki-Laki : Studi Fenomenologi pada Remaja Laki-Laki Penyuka Budaya Korea

Setiawan, Angely Marvella (2022) Pemaknaan Budaya Maskulinitas pada Remaja Laki-Laki : Studi Fenomenologi pada Remaja Laki-Laki Penyuka Budaya Korea. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (892kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membuat penyebaran konten hiburan Korea mudah mencapai Indonesia. Hal tersebut membuat budaya Korea tak luput dari perhatian remaja laki-laki. Melalui konten Korea, nilai maskulinitas Indonesia bertemu dengan soft masculinity dalam konten hiburan Korea dalam diri remaja laki-laki di Indonesia yang menggemari budaya Korea. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan maskulinitas pada remaja laki-laki penggemar budaya Korea. Dalam konsep komunikasi antar budaya, pertemuan dua budaya merupakan bagian dari proses komunikasi antar budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan makna maskulinitas dari yang dimaknai oleh individu sebagai maskulinitas Indonesia, menjadi soft masculinity yang ditemukan dalam konten Korea. Individu menilai budaya baru dengan kembali kepada budaya asli, dan menmbang unsur-unsur yang ditemukan pada soft masculinity yang diterima. Budaya yang bertemu ini saling memengaruhi hingga terbentuk kesadaran baru akan budaya tersebut dalam diri individu. Dalam hal ini, maskulinitas Korea dinyatakan lebih mendominasi makna maskulinitas pada remaja laki-laki penggemar budaya Korea di Indonesia. Substansi penelitian ini memberikan kontribusi berupa konsep maskulinitas baru yang dipersepsikan dalam diri remaja laki-laki penyuka budaya Korea di Indonesia yang merupakan gabungan antara nilai maskulinitas hegemoni di Indonesia dengan soft masculinity dari konten hiburan Korea Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Maskulinitas, Nilai maskulinitas Indonesia, Soft masculinity
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:41
Last Modified: 10 May 2023 05:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item