Perlakuan Diskriminasi terhadap Transgender Perempuan

Meliana, Vina (2022) Perlakuan Diskriminasi terhadap Transgender Perempuan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Diskriminasi merupakan salah satu bentuk kekerasan dan perilaku yang menyudutkan kelompok tertentu. Salah satunya adalah transgender perempuan atau bisa disebut dengan transpuan, berada dalam kondisi yang memprihatinkan karena kurang kesejahteraan yang mereka rasakan. Kelompok transpuan merupakan bagian dari LGBT, mereka rentan mendapatkan kekerasan dan tindak diskriminasi. Tentu hak asasi manusia harus didapatkan untuk seluruh makhluk hidup dan tidak menilai identitas diri, namun kenyataanya transpuan di Indonesia masih sulit untuk mendapatkan hak nya untuk hidup layak dan dihormati oleh masyarakat karena masuk kedalam kelompok minoritas. Di Tengah kompleksitas yang dihadapi oleh transpuan, maka dibutuhkan media untuk menghubungkan suara mereka dengan masyarakat. Dengan hadirnya siniar "BTS : Behind The Story yang merupakan siniar yang menceritakan kisah inspiratif, akan membahas cerita transpuan pada episode ke 05 dan 06. Pada topik "Perlakuan Diskriminasi Terhadap Transgender Perempuan" ini akan membahas mengenai cerita transpuan yang berjuang untuk mendapatkan keadilan dan ruang aman di tengah diskriminasi. Selain itu, tidak hanya dari sisi transpuan saja, melainkan juga dibutuhkan lembaga lain yang yang menyatakan hidupnya berjuang atas hak asasi manusia. Penyampaian siniar, ini akan dibawa dalam bentuk audio storytelling. Dengan itu, BTS : Behind The Story juga memiliki rencana kerja menjadi spokesperson narasumber dalam menyuarakan suara yang telah lama bungkam yang berperan menjadi media penghubung antara masyarakat dengan transpuan di Indonesia dengan target 500 pendengar pada keseluruhan episode.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Transgender Perempuan, Siniar, Diskriminasi Klaster : Programing Based Project. Sub Klaster : Siniar
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:46
Last Modified: 17 Jun 2023 07:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item