Perancangan Buku Informasi Pengenalan Seputar Kelainan Kongenital bagi Ibu Usia 22-35 Tahun di Pulau Jawa

Sanjaya, Bernadette Crissantha (2022) Perancangan Buku Informasi Pengenalan Seputar Kelainan Kongenital bagi Ibu Usia 22-35 Tahun di Pulau Jawa. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kelainan kongenital merupakan kelainan yang terjadi pada bayi sejak masih di dalam kandungan. Selain menjadi penyebab kematian neonatal, dampak dari kelainan kongenital dapat dirasakan oleh orang tua, di mana mereka akan merasa malu dan harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan. Kelainan kongenital sebenarnya dapat dicegah sedari dini, baik sebelum maupun saat hamil, namun di Indonesia sendiri informasi seputar kelainan kongenital masih minim. Dalam melakukan perancangan seputar buku informasi berbasis ilustrasi seputar kelainan kongenital, dilakukan pengumpulan data dengan menyebar kuesioner, melakukan wawancara dengan dokter spesialis OBGYN, ibu hamil, dan ilustrator buku bertema kehamilan, serta melakukan studi eksisting dan studi referensi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan seorang ibu terkait kelainan kongenital masih belum cukup mendalam, diikuti dengan buku-buku yang menginformasikan tentang kelainan kongenital yang masih belum banyak beredar. Kelainan kongenital yang dipicu oleh berbagai macam faktor dapat dicegah melalui pemberian edukasi yang baik bagi orang tua terutama ibu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kelainan kongenital, bayi, ibu, buku informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:48
Last Modified: 10 Oct 2023 01:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21906

Actions (login required)

View Item View Item