Pola Komunikasi Keluarga Antara Ayah Tunggal dan Anaknya

Jeremiah, Jason (2022) Pola Komunikasi Keluarga Antara Ayah Tunggal dan Anaknya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan salah satu dari institusi struktur-dalam yang penting bagi manusia. Keluarga merupakan tempat pertama untuk setiap orang tumbuh dan belajar. Pada umumnya keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Namun, ada juga keluarga yang tidak lengkap seperti keluarga ayah tunggal yang hanya terdiri dari ayah dan anak saja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pola komunikasi keluarga, tipe komunikasi keluarga, pengaruh komunikasi keluarga, dan hambatan komunikasi keluarga yang ada pada keluarga ayah tunggal. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan wawancara mendalam sebagai strategi pengumpulan data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan teknik analisis data yang digunakan adalah penjodohan pola. Kerangka konseptual yang digunakan sebagai acuan penelitian adalah komunikasi interpersonal, karakteristik keluarga, komunikasi keluarga, dan peran dalam keluarga. Hasil yang didapat ialah komunikasi dilakukan secara rutin walau tidak membahas masalah personal. Namun, tidak ada permainan kekuasaan sehingga komunikasi dilakukan secara terbuka baik dalam memberi atau menerima pendapat. Di sisi lain ayah menjalankan perannya baik peran publik dan peran domestik. Sang anak juga turut membantu sang ayah dalam menjalankan peran domestiknya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan arahan bagaimana seorang ayah tunggal dan anak harus bersikap antara satu sama lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Karakteristik Keluarga, Komunikasi Keluarga, Peran dalam Keluarga, dan Ayah Tunggal
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:49
Last Modified: 27 Apr 2023 02:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item