Peran Budaya Organisasi dalam Membangun Kinerja Jurnalis di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Medcom.id)

Ivani, Kaylina (2022) Peran Budaya Organisasi dalam Membangun Kinerja Jurnalis di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Medcom.id). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pola komunikasi yang dijalankan dalam organisasi membentuk makna budaya organisasi bagi setiap anggota di dalamnya. Ketika masyarakat dunia diterpa pandemi Covid-19, praktik budaya organisasi pada perusahaan, termasuk pola komunikasi, mengalami tantangan. PT Citra Multimedia Indonesia (Medcom.id) turut menghadapi tantangan tersebut, namun budaya organisasi yang kuat berhasil mempertahankannya sebagai salah satu media massa online yang tengah berkembang. Bahkan, terjadi peningkatan kinerja jurnalis yang tampak dari peningkatan produktivitas artikel sekitar 20.000 per tahun dan kunjungan situs. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran budaya organisasi dan pola komunikasi dalam membangun kinerja jurnalis di masa pandemi dengan objek penelitian Medcom.id. Kajian dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan adalah wawancara terhadap tiga partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi Medcom.id, yang diturunkan dari induk perusahaan Media Group Network, dipraktikkan melalui simbol-simbol budaya organisasi, yakni fisik, perilaku, dan verbal. Budaya perusahaan Medcom.id juga memenuhi empat komponen budaya organisasi kuat. Redaksi Medcom.id ditemukan menerapkan pola komunikasi ke bawah, ke atas, horizontal, dan lintas saluran. Budaya organisasi dan pola komunikasi menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap Medcom.id serta rasa memiliki tugas. Terjadi pergeseran dalam praktik budaya organisasi dan pola komunikasi sebagai dampak pandemi. Namun, budaya organisasi tetap melekat, dan pola komunikasi terus berjalan meski timbul kendala. Temuan unik dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa selain budaya organisasi, peningkatan kinerja jurnalis selama pandemi juga didorong oleh eliminasi waktu yang dibutuhkan untuk transportasi lantaran pekerjaan dilakukan secara daring.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: budaya organisasi, komunikasi organisasi, kinerja jurnalis, pola komunikasi organisasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:52
Last Modified: 27 Apr 2023 01:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21960

Actions (login required)

View Item View Item