Implementasi Algoritma Local Binary Pattern dan Backpropagation untuk Face Recognition

Cynthia Clara, Cynthia Clara (2022) Implementasi Algoritma Local Binary Pattern dan Backpropagation untuk Face Recognition. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, kepentingan untuk memperkuat sekuritas infor- masi atau properti fisik menjadi sangat penting dan sulit. Salah satu dari teknologi tersebut adalah pengenalan wajah. Sistem pengenalan wajah adalah kecerdasan buatan yang mampu mengenali atau mengidentifikasi wajah manusia dari citra digital. Namun saat ini sistem pengenalan wajah sudah banyak dikembangkan, namun tingkat akurasinya belum maksimal, sehingga diperlukan penelitian untuk meningkatkan akurasi. Salah satu metode yang dapat meningkatkan akurasi dalam pengenalan wajah adalah ekstraksi fitur, hal ini dikarenakan tahapan ekstraksi fitur merupakan tahapan yang paling penting dalam sistem pengenalan wajah. Tahapan ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang terkandung dalam suatu citra un- tuk kemudian dijadikan sebagai acuan untuk membedakan antara citra yang satu dengan citra yang lain. Terdapat beberapa metode ekstraksi fitur yang dapat digu- nakan dalam pengenalan wajah salah satunya menggunakan metode Local Binary Pattern (LBP). Metode Local Binary Pattern (LBP) merupakan suatu metode yang digunakan untuk mencari pola-pola tekstur lokal pada citra dan metode yang da- pat mengadopsi pengenalan wajah dengan lebih cepat adalah dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (JST) yaitu Backpropagation. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, diperoleh hasil akurasi pengujian dengan ekstraksi fitur Local Bi- nary Pattern (LBP) terbaik dengan menghasilkan akurasi sebesar 88% pada saat menggunakan parameter 8 dan radius 2 (R = 2).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Backpropagation, Ekstraksi fitur, Local Binary Pattern, Pengenalan wajah, Tekstur
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:53
Last Modified: 23 Aug 2023 23:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21977

Actions (login required)

View Item View Item