Pengaruh Informative Advertisement dan Humor Advertisement terhadap Viral Intention dan Attitude Toward Advertising serta Implikasinya terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention: Telaah pada Iklan Hair Mask Pantene

Endrika, Renald Paddila (2022) Pengaruh Informative Advertisement dan Humor Advertisement terhadap Viral Intention dan Attitude Toward Advertising serta Implikasinya terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention: Telaah pada Iklan Hair Mask Pantene. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada awal tahun 2022, Pantene mengeluarkan iklan bersama selebgram Keanu untuk memperkenalkan dan memasarkan produk masker rambut terbaru mereka, namun tema dari iklan ini lebih menekankan pada unsur humor sehingga sangat berbeda dari iklan mereka sebelumnya yang identik dengan kesan anggun dan berkelas. Walaupun iklan ini sudah banyak ditonton di media sosial Youtube namun jumlah banyaknya penonton belum tentu berarti produk mereka laris terjual. Pantene terkenal dengan produk sampo dan kondisioner mereka namun tidak pada produk masker rambut, sedangkan sudah banyaknya merek lainnya yang terkenal dengan masker rambutnya, sehingga membuat pangsa pasar yang dimiliki Pantene tidaklah besar. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat pengaruh Informative Advertisement dan Humor Adevertisement terhadap Viral Intention dan Attitude Toward Advertising serta implikasinya terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Penelitian ini menggunakan desain penelitian konklusif yang bersifat deskriptif dan menggunakan single cross-sectional design. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah non probability dengan teknik judgemental sampling. Data penelitian ini diolah dengan metode Structural Equation Model (SEM) pada software SmartPLS. Data yang diambil berupa jawaban dari kuesioner berbentuk gform yang disebar secara daring. Data ini sebanyak 203 responden yang berumur 16-31 dan berada di negara Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informative & humor advertisement berpengaruh positif terhadap attitude toward advertising namun hanya informative advertisement saja yang berpengaruh terhadap viral intention, kemudian brand awareness dipengaruhi secara positif oleh viral intention dan attitude toward advertising, lalu viral intention, attitude toward advertising, dan brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: informative advertisement, humor advertisement, viral intention, attitude toward advertising, brand awareness, purchase intention.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:55
Last Modified: 21 Jun 2023 02:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item