Pengaruh Terpaan Berita Online COVID-19 dan Dukungan Sosial terhadap Psychological Distress pada Generasi Z DKI Jakarta

Aurelia Purwadi, Ellyza (2022) Pengaruh Terpaan Berita Online COVID-19 dan Dukungan Sosial terhadap Psychological Distress pada Generasi Z DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Media sosial merupakan platform yang banyak digunakan masyarakat untuk memperoleh informasi terkini. Di kondisi pandemi seperti ini, masyarakat menjadi lebih intens dalam memperoleh berita terkait perkembangan kasus Virus COVID-19. Dengan mudahnya berita mengenai COVID-19 dapat dikonsumsi melalui media sosial mengakibatkan penurunan kesehatan mental masyarakat Beberapa peneliti mengatakan bahwa kondisi psychological distress dapat direduksi oleh dukungan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya mencari tahu pengaruh tentang terpaan berita online COVID-19 dan dukungan sosial terhadap psychological distress generasi Z DKI Jakarta. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Peneliti mengambil sampel 400 responden dengan teknik quota sampling (non probability sampling) dari populasi penduduk DKI Jakarta berusia 12-27 tahun. Data hasil survei dianalisis dengan uji korelasi berganda di SPSS untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara variabel terpaan berita online COVID-19, dukungan sosial, serta psychological distress. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan berita online COVID-19 dan dukungan sosial mempunyai pengaruh secara simultan dengan psychological distress generasi Z DKI Jakarta. Sebanyak 77.4% terpaan berita online COVID-19 dan dukungan sosial mempengaruhi psychological distress generasi Z DKI Jakarta, 23,2% lainnya didukung oleh variabel yang lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Dukungan Sosial, Psychological Distress, Terpaan Berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:08
Last Modified: 14 Jun 2023 02:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22162

Actions (login required)

View Item View Item